TEKS BERITA: Pengertian dan Syarat Berita

TEKS BERITA

Hasil gambar untuk ilustrasi berita

Halo sobat cerdas, sudahkah kamu membaca berita di koran hari ini? Sudah nonton berita di TV? Youtube? Kalau tidak, sudahkah kalian memencet link-link berita dari media sosial kalian? Apa berita terhangat hari ini? Apa yang sudah viral di akun medsos dan menjadi trending topic??

Ih, NetNet kepo ya? πŸ˜‚ Ini sobat cerdas buka link postingan kan mau nyari jawaban, eh, malah dikasih pertanyaan, gimana, sih, Net?! πŸ˜ͺ

Haha, maafkan NetNet!Β πŸ˜†πŸ™

Oke-Oke, ini NetNet post materi Teks Berita untuk kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2016/2017. Materi ini mimin ambil dari berbagai sumber, yang utama dari buku Siswa, LKS yang mimin punya, dan sedikit tambahan dari wejangan simbah… Simbah Google tentunya, hehehe! πŸ˜†Β πŸ˜†

Ya sudah, monggo dilanjut sinau, selamat belajar netizen sekalian!Β  πŸ“– πŸ’ͺ Jangan lupa tinggalkan komentar, like, dan share ke media sosial kalian jika postingan ini bermanfaat! β€οΈπŸ‘πŸΌπŸ“£ πŸ“’

Semoga bermanfaat! πŸ˜‡

PENGERTIAN BERITA

Menurut KBBI, berita adalah 1 cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar: semalam dia mendengar — bahwa kampungnya dilanda banjir; 2 laporan: ia bertugas membuat — harian; 3 pemberitahuan; pengumuman. Basir menyebutkan bahwa berita adalah laporan peristiwa yang aktual (terkini), menarik, dan penting. Lebih lengkap lagi, Wahyudiyanto mengatakan bahwa berita adalah laporan pertama dari sebuah kejadian penting yang dapat menarik perhatian umum. Berita merupakan suatu informasi yang paling sering ditemukan dari media cetak, siaran internet, atau dari mulut ke mulut. Berita merupakan fakta yang dianggap penting dan harus segera disampaikan kepada masyarakat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan:

Berita adalah informasi berupa fakta penting tentang kejadian/peristiwa yang sedang terjadi, aktual (terkini), menarik perhatian umum, dan harus segera disampaikan kepada masyarakat.

SYARAT-SYARAT BERITA

Berita merupakan fakta yang dianggap penting dan harus segera disampaikan kepada masyarakat. Tetapi, tidak semua fakta dapat dijadikan sebagai berita oleh media. Agar sebuah informasi dapat disebut berita, maka harus memenuhi syarat-syarat. Berikut syarat-syarat berita menurut Basir.

  1. Faktual, artinya berita harus berdasarkan kejadian atau peristiwa yang benar-benar nyata.
  2. Aktual, artinya jarak penyiaran berita dengan waktu kejadian tidak terlalu jauh, masih hangat, baru saja terjadi dan menjadi perbincangan. (Ya… Kalau netizen zaman now bilangnya lagi viral hahaha 🀭🀭🀭)
  3. Seimbang, maksudnya berita harus ditulis dan disampaikan dengan seimbang, bukan memihak kepada salah satu pihak (Auto nyanyi Geisha feat. Iwan Fals… Tak Seimbang, hihi 🀭🎀🎀)
  4. Lengkap, berarti berita harus memenuhi usur-unsur berita.
  5. Sistematis, yaitu berita disusun dengan urutan yang jelas sehingga pembaca atau pendengar tidak kebingungan dalam menangkap isi berita.
  6. Menarik, artinya berita harus mampu menarik minat pembaca atau pendengar. Berita dikatakan menarik bila:

Oke, sementara ini dulu yang NetNet posting, secepatnya akan NetNet update lagi agar lebih lengkap sampai ke Unsur-Unsur Berita, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya. Ke depannya juga akan mimin buatkan soal latihan pemahaman, soal uji kompetensi atau ulangan.

Oke, sekian postingan NetNet, see you next timeΒ πŸ‘‹πŸ‘‹πŸ‘‹

 


4 respons untuk β€˜TEKS BERITA: Pengertian dan Syarat Berita’

Komentar ditutup.